Sunday, September 13, 2009

Backlink Dari Profile Social Bookmark & Google

http://abibakarblog.com

Sudah lama nih gak posting disini, karena sekarang lagi fokus diblog-blog saya yang lain untuk naikin trafik setinggi langit dan naikin target Adsense hingga $150 atau $200/hari (doain ya kawan2) makanya saya hampir tidak pernah blogwalking, karenanya saya haturkan maaf sebanyak-banyaknya untuk penggantinya saya dofollow blog ini untuk sementara, sebagai ucapan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah mampir dan berkomentar.

Ok untuk mengobati kerinduan ngeblog disini dan membagi tips SEO untuk mendapatkan backlink, yang moga2 bermanfaat bagi rekan-rekan yang membutuhkan. Ok langsung saja yah.

Seperti judul diatas diatas di artikel ini saya mau bagikan tips SEO untuk dapetin backlink dari Social bookmark, ini bukan tips untuk submit artikel ke social bookmark, namun submit link-link blog kita di bagian profile social bookmark.

Umumnya setiap social bookmark (walaupun tidak semua) membolehkan penggunanya untuk menaruh link blog dan website didalam seksi profile, bahkan ada yang membolehkan menaruh feed blog kita seperti Sphinn.

Jadi jika rekan mempunyai account disalah satu social bookmark, dan mereka membolehkan menaruh link maka jangan ragu-ragu untuk meletakannya, karena umumnya link profile kita cepat sekali terindeks oleh Google.

Selain cepat terindeks, kita juga dapat menaikan pageranknya. Dan caranya sangat mudah, social bookmark seperti Digg, Sphinn dan lain-lain umumnya mempunyai halaman yang sudah ber Pagerank tinggi, untuk menaikin PR link profile kita, maka anda berkomentar di halaman-halaman tersebut. Dan ketika Google update PR, link profile anda akan ikut naik PR nya, imbasnya link-link blog kita akan mendapat tetesan backlink dan PR.

Dan saya seringkali menemukan halaman-halaman profile user DIGG yang mencapai PR 5 dan PR 6. Seperti halaman profile ini contohnya:

Novenator Profile

Halaman profile tersebut sekarang ini sudah ber Page Rank 5, namun rupanya si empunya profile tidak punya blog, sehingga di halaman tersebut tidak ada link blognya…andai itu halaman profile gue hehehe.

Dan untuk berkomentar sangatlah mudah, cukup cari halaman yang punya PR tinggi dan berkomentarlah! Seperti screenshot berikut ini:

Komen di Digg

Tips untuk mencari halaman-halaman yang sudah tinggi, misalkan di Digg anda bisa gunakan add-on SEOQuake Seo Bar, namun jika ingin lebih cepat bisa langsung ke halamana 30 Days dan 365 days ago.

Namun saya rekomendasikan agar berkomentar di halaman yang hanya punya 1 halaman komentar, alias komentarnya masih sedikit, karena Digg membelah halaman komentar jika sudah berjumlah ratusan hingga ribuan komentar. Jika begini link profile kita tidak mendapat manfaat banyak.

So jika rekan tertarik praktekan tips ini, mulailah buka-buka bagian profile, jika Social bookmark tersebut membolehkan menaruh link blog, maka put your link to it!

Anda pun juga bisa mendapat backlink dari profile Google, jika anda punya account Google untuk Gmail dan produk Google lainnya, maka taruh lah link-link blog anda disana. Namun sepertinya sekarang ini Google memperketat peraturan untuk link di profile baru akan di nofollow, namun berjalannya waktu nofollow tersebut akan digantikan dofollow.

Anda bisa juga mendapat backlink di profile Linkedin.com dan social network dan social bookmark lainnya.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

No comments:

Post a Comment