Sunday, September 13, 2009

Menggunakan Rel Nofollow Agar PageRank Tidak Turun

http://abibakarblog.com

Banyak blog yang PR nya naik dan turun pada update Google terakhir, blog ini walaupun tidak mengalami perubahan yang signifikan namun naik menjadi PR 3 yang tadinya PR 2. Oleh sebab itu setiap terjadi update PageRank yang musiman ini, banyak blogger dan webmaster melakukan re-evaluasi terhadap tindakan-tindakan yang ia lakukan sebelumnya sehingga mempengaruhi angka PageRank-nya sekarang ini. Bagi yang PageRank-nya turun akan melakukan introspeksi, dan bagi yang naik akan tersenyum bahagia apalagi kenaikannya fantastis.

Cara kerja dari PageRank sudah menjadi rahasia umum bagi banyak blogger, yang intinya PR akan naik jika banyak inbound link, dan akan turun jika jumlah outbound link jauh lebih besar dari inbound link. Namun nyatanya kesimpulan itu tidak selalu benar, seringkali hasilnya jauh dari apa yang telah diprediksi. Jadi wajar jika ada yang menganggap kalau membicarakan PageRank seperti membicarakan sesuatu yang abu-abu, terkadang jauh dari hitam-putih.

Namun kesimpulan atau cara kerja Perhitungan PageRank yang mengukur jumlah inbound dan outbound link sudahlah valid! Karena memang begitulah cara kerjanya. Namun itu bukanlah satu-satunya cara, masih ada sejumlah metode lain yang digunakan Google untuk memberi angka pada PR sebuah blog.

Di posting ini saya mencoba membagi tips untuk mempertahankan angka PR yang telah anda miliki agar tidak terjun kebawah. Yaitu dengan sejumlah cara yang seringkali tidak di praktekan namun ternyata cara ini mempunyai kontribusi besar untuk menjungkirbalikan PageRank blog dan halaman blog anda:

Caranya hanya 1, yaitu dengan REL=NOFOLLOW! Beri rel = Nofollow untuk link-link yang memang tidak perlu di DOFOLLOW, seperti link banner affiliasi, link affiliasi atau link feed, juga link website yang sudah tersohor seperti google.com, yahoo.com, amazone.com dan lainnya.

Jika rekan mempunyai banyak link affiliasi di hompage atau pun per halaman ada baiknya link-link tersebut di beri tag rel=nofollow, agar tidak terhitung oleh Google. Begitupun juga link rss feed seperti link feedburner dan juga saat menyinggung tentang Google, Yahoo dan situs-situs terkenal lainnya dalam postingan.

Di blog ini saya selalu menyelipkan rel=nofollow di semua link affiliasi baik dibanner maupun link affiliasi, juga link2x feedburner dan socialbookmark. Karena memang mereka tidak perlu di indeks. Dan hanya membuat blog kita penuh link. Bagi yang belum tahu menyelipkan nofollow berikut ini saya beri contohnya.

Untuk menyelipkan rel=nofollow di link affiliasi, link rss feed, link socialbookmark:

link affiliasi

Untuk melink ke Google atau Yahoo dan situs terkenal lainnya yang tidak perlu di link back:

Google

Dan untuk link affiliasi yang memakai banner button, juga button/banner rss feed, juga button2x social bookmark:

Jaringan Iklan Online

Dengan memakai nofollow untuk setiap link affiliasi, social bookmar dan feed maka anda mengurangi resiko pagerank anda jungkirbalik. Karena perhitungan algoritma Pagerank salah satunya berdasarkan lalu lintas linkback dan outbond link. Oleh karena lebih baik melakukan penghematan dengan cara memberi nofollow untuk link-link yang memang tidak perlu diberi kredit.

NB: Kalau link teman dan link blogger jangan di beri Nofollow yah!:D

Sekian dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment