Sunday, September 13, 2009

Trik Mengoptimalkan Plugin All In One SEO Pack

http://abibakarblog.com

Bagi saya plugin All In One SEO Pack adalah plugin SEO terbaik yang HARUS di install di setiap blog-blog Wordpress saya, saya bisa melupakan plugin SEO lainnya tapi tidak akan melupakan plugin yang satu ini. Setiap kali membuat blog baru, plugin ini selalu berada di urutan pertama yang muncul di memory saya, karena semua fasilitas yang disediakan sebenarnya cukup untuk memenuhi semua syarat yang dibutuhkan sebuah Blog Wordpress yang SEO Friendly.

Ibarat kate (kate orng betawi:D) saya merasa cukup memiliki All In One SEO Pack terinstall kemudian memikirkan link building yang jitu dan mengupdate blog dengan informasi yang banyak dicari…itu sudah cukup saya rasa, tapi tetap saja saya install plugin SEO tambahan, karena segi fungsi dan peranan yang berbeda.

Namun agar mendapat hasil lebih optimal dari plugin All In One SEO Pack ini ada sebagian area yang perlu di modifikasi dan tambahkan agar mendapat hasil yang lebih memuaskan.

Cara Mengoptimalkan Plugin Wordpress All In One SEO Pack:

1. Download All In One SEO Pack jika belum punya, jika sudah punya maka upgrade ke versi yang terbaru, karena ada fitur tambahan yakni Kanonikal URL untuk mencegah duplikat url, seperti ini jika dilihat dari view source:

2. Lakukan modifikasi pada menu plugin (Setting -> All In One SEO Pack), lakukan sedikit perubahan pada menu default plugin All In One SEO Pack, tepat seperti gambar berikut ini:

A. Gambar 1:

Seting Plugin All In One SEO Pack Agar Lebih Optimal

Ket: Isi home title, home description dan home keywords blog kita ditempat yang disediakan, kemudian centrang di bagian Canonical URLs dan Rewrite Titles. Guna canonical urls untuk mencegah duplikat url yang imbasnya akan menaikan posisi blog dan guna rewrite titles untuk menulis ulang judul halaman posting sehingga kita punya 2 judul berbeda dan ini sangat berguna untuk mendapat posisi bagus di Google dalam variasi keyword.

B. Masih di menu lalu scroll downd dan lakukan seperti gambar 2 ini:

Seting Untuk Optimalkan Plugin All In SEO Pack

Ket: Use noindex for Categories jangan di centrang, manfaatnya agar halaman kategori terindek oleh Google, sehingga akan memberi backlink internal pada halaman-halaman posting di dalam halaman kategori-kategori. Begitupun pada Tag Archive jangan di centrang agar terindeks dan berfungsi sama seperti halaman kategori.

3. Kemudian saat setelah menulis posting. Setelah posting anda lengkap ditulis, maka lakukan hal berikut ini. Anda scroll down kebagian formulir All In One SEO Pack, lalu isi title dan deskripi (description), di rekomendasikan untuk melakukan pengisian berbeda pada title dan description dari artikel yang anda tulis.

Formulir Isian Plugin All In One SEO Pack

Misalnya judul artikel kita adalah:

Cara Membuat ReadMore.

Isi Begini di formulir Title All In One SEO Pack:

Tutorial Mengenai Cara Membuat Readmore

Untuk melihat contohnya:

Contohnya pada judul artikel posting ini

Manfaatnya: jika pengguna Google mencari keyword “cara buat readmore” halaman kita akan muncul begitupun jika mereka menulis “tutorial membuat readmore”…dstnya. Sehingga posisi halaman kita mengandung variasi keyword yang dicari di bagian title/judul. Karena Google memberi kredit sangat besar pada Title.

Dan lakukan hal yang sama pada pengisian description/deskripsi. Pada bagian description, kita buat sendiri deksripsi artikel yang baru tulis, ciptakan deskripsi yang oke punya dengan melakukan pengulangan keyword yang ingin di optimasi. Karena ia hanya tampil di SERP tidak di halaman posting, sehingga pengunjung yang membaca artikel kita tidak akan merasa jengah oleh pengulangan keyword. Dengan begini artikel kita telah melakukan keyword repeatation tanpa mengganggu pembaca.

Dan di bagian isian keyword, saya lebih suka dikosongkan, saya lebih senang menggunakan atau memperbanyak tag karena All In One SEO Pack akan mengidentifikasi tag kita sebagai keyword jika isian keyword kosong.

No comments:

Post a Comment